apaan sih gunanya kuliah ?

gw dapet pertanyaan dari temen gw,

apa sih gunanya kuliah? 

banyak kok orang gak lulus kuliah bisa sukses. emang bener orang macem bil gates atau steve jobs drop out dari kampusnya dan nyatanya mereka sukses besar.
kalo menurut gw, kuliah s1 itu sebenarnya ga kasih ilmu apa-apa. kalo mau paham tentang sesuatu ilmu yah kuliah dan belajar terus biar jadi profesor.
kuliah menurut gw mengajarkan sesuatu yang sering dilupakan, perubahan pola pikir.
dari semester awal sampai sidang skripsi sebenernya intinya sama, mengajarkan kita bagaimana berpikir secara logis dan metodologis.
ketika akan menulis paper atau skripsi yang pertama dilakukan ialah cari masalah. tanpa tau apa masalah yang akan kita tulis ga bakalan jadi tuh paper atau skripsi. terus jika ketemu beberapa masalah, dicari mana yang paling layak dijadikan masalah. kalo kata dosen gw, kenapa masalah itu layak dijadiin tulisan. setelah itu barulah dicari apa solusinya dari masalah tersebut dan apa kesimpulannya.
kalo itu udah bisa diterapkan dalam kehidupan, menurut gw berarti kuliahnya berhasil
kalo ga bisa berarti belum berhasil, kuliahnya sekedar dapet gelar sarjana.

kadang dalam hidup kita banyak masalah, tapi apa bener masalah itu layak kita pikirkan jadi masalah? kalo ga, yah ga usah dipikir dan tinggal aja. cari mana yang lebih penting.

0 komentar:

Posting Komentar